Tips Melindungi Kamera di Musim Hujan

Musim hujan seringkali membuat para fotografer dan videografer merasa deg-degan lantaran tasnya dipenuhi dengan berbagai peranti yang tidak tahan air. Untuk menanggulangi hal itu, kami akan memberikan tips buat kalian—para fotografer dan videografer—agar kamera dan aksesoris kesayangan kalian bisa tetap awet selama menghadapi musim hujan. Ya, langsung saja.

Pertama, perhatikan cara penyimpanan kamera selama musim hujan. Apabila kamu sudah memiliki drybox untuk menyimpan kamera, tentu saja kamu tidak perlu khawatir, karena drybox bisa menjaga kamera dari serangan jamur, debu, bahkan air yang menggenang sekaligus.

Kedua, bawa kain atau handuk saat kamu hunting foto/ video outdoor. Manfaatnya, apabila cuaca tidak kondusif, kamu bisa langsung berteduh dan mengelap bagian-bagian kamera yang terkena air. Ketiga, bawa tas kamera yang anti air, atau minimal yang memiliki jas hujan sendiri. Namun, perlu diingat, tidak semua tas kamera yang waterproof itu bebas air, alias, apabila diterpa hujan lebat seperti badai lebih baik kalian menggunakan jas hujan tambahan karena air masih bisa merembes melalui jahitan di pinggiran tas.

Yang terakhir, apabila kalian sudah selesai hunting, langsung keluarkan dan simpan kamera, lensa, dan aksesoris lainnya di tempat yang aman. Ada baiknya untuk mengerluarkan segala macam baterai dari kamera, maupun aksesoris foto video kalian. Hal ini perlu kamu lakukan untuk menjaga baterai agar berumur panjang dan tidak terjadi kebocoran yang berdampak langsung ke peranti kameramu.

Yap, sebenarnya tidak susah sih menjaga kamera agar tetap terlindungi saat hujan tiba. Yang jelas, kamu sebagai pemilik harus telaten dan peduli dengan barang-barang sendiri. Oke, segitu dulu ya tips-tips dari kami. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat