7 Tips Membuat Foto Produk yang Instagramable

Foto produk yang tampak eye catching akan berpengaruh pada citra brand yang Anda bangun. Nah, bagi Anda yang memiliki bisnis online shop, tentunya sudah tak asing lagi dengan istilah foto produk. Kini foto produk menjadi elemen penting untuk menjamin produk Anda dilirik oleh pembeli. Dari beberapa toko online yang sering dikunjungi, dapat dipastikan bahwa mereka memiliki foto yang bagus dan menarik. Hal ini penting karena di era seperti sekarang ini, orang lebih mempertimbangkan visual dan cenderung melihat sesuatu dari tampilan fisik suatu produk. So, kali ini Canting Kreatif akan berbagi tips dan trik untuk membuat foto produk agar tampak menarik.

  1. Bidik dengan Cahaya Alami

Kami sarankan agar Anda menggunakan cahaya alami dekat jendela sebagai sumber cahaya. Jika ada tirai berrenda, fotolah tepat di sampingnya, sehingga cahaya akan dibaurkan dan Anda dapat menampilkan penggambaran produk dengan tekstur yang lebih lembut. Tapi jika Anda ingin mengambil foto di dalam ruangan yang minim cahaya, usahakan untuk menggunakan lampu tambahan. Tapi perlu dicatat, apabila menggunakan lampu kilat built-in, maka bayangan akan menjadi lebih kuat, sehingga penggambaran terlihat artifisial. Secara kontras, untuk produk yang ditangkap dengan menggunakan cahaya alami akan lebih baik karena dapat mendistribusikan cahaya secara merata ke seluruh produk, sehingga tekstur gambar akan terlihat detail.

  1. Buatlah Studio Mini untuk Belajar

Ketika Anda baru merintis usaha jualan online, pasti akan terasa berat jika harus menyewa sebuah studio foto. Lebih baik Anda buat studio foto sendiri di rumah. Anda cukup menyediakan lampu sorot, background, dan perlengkapan sederhana lainnya tanpa perlu perlatan super mahal seperti yang ada di studio foto profesional. Saat ini, Anda bisa membeli studio mini yang sudah banyak dijual di pasaran jika tak ingin repot mempersiapkan segala peralatan. Harganya pun cukup terjangkau jika dibandingkan dengan foto produk di studio profesional.

  1. Perhatikan Pengaturan Brightness dan Contrast

Ketika Anda ingin mengambil sebuah foto produk, perhatikanlah dua pengaturan yang ada di kamera, yaitu brightness dan contrast. Kedua hal ini harus seimbang agar objek produk yang Anda foto terlihat lebih bagus dan menarik. Brightness adalah atribut persepsi visual di mana sumber muncul untuk memancarkan atau memantulkan cahaya. Itu adalah ukuran seberapa banyak cahaya yang akan masuk ke dalam sebuah gambar. Sedangkan contrast adalah perbedaan pencahayaan atau warna yang membuat sebuah objek dapat dibedakan. Kedua hal tersebut, saling berkaitan satu sama lain. Jika Anda mengubah brighness, maka contrast juga akan berubah. Begitupun sebaliknya. Maka dari itu, Anda perlu melakukan pengaturan di antara keduanya agar seimbang. Biasanya pengaturan ini dilakukan setelah Anda mengambil gambar produk dan mengeditnya di aplikasi photo editing seperti Photoshop atau Lightroom.

  1. Pakailah Background Polos untuk Menampilkan Foto Produk yang Diunggulkan

Semakin simple background sebuah foto, maka akan membuat produk Anda menjadi lebih fokus untuk dilihat. Sebaiknya gunakanlah background foto yang polos atau berwarna netral putih. Jika ingin menambahkan aksesoris pemanis, cukup gunakan seperlunya. Dengan begitu, saat calon pembeli melihat foto produk yang terpajang di etalase toko online Anda, maka akan langsung tertuju pada produk yang Anda jual, bukan pada hiasan pendukung ataupun background foto yang digunakan.

  1. Ambil Foto dari Beberapa Angle/ Sudut

Fotolah produk Anda dari berbagai sudut untuk menampilkan detail produk. Biasanya sebuah produk akan terlihat lebih bagus dan menarik ketika produk tersebut difoto dari sudut tertentu. Maka, Anda harus mengeksplorasi berbagai sudut agar Anda dapat menemukan sudut yang bagus. Jangan hanya terpaku pada satu sudut saja. Seringkali kita melihat, banyak produk yang hanya ditampilkan dari sudut depan saja. Padahal, mungkin saja produk tersebut akan terlihat lebih bagus dan menarik jika ditampilkan dari samping, belakang, atas atau bawah.

  1. Buatlah Gambar Tematik

Selain menggunakan model, Anda juga bisa membuat foto produk dengan tema-tema tertentu. Maksudnya, Anda bisa membuat tema ketika melakukan photoshoot sebuah produk. Misalnya, jika Anda menjual sepatu safety boots, maka Anda bisa membuat foto lebih menarik jika Anda menyampaikannya dengan membuat tema seorang pekerja konstruksi yang sedang berkerja di lapangan. Singkatnya, gambar tematik sama dengan foto konseptual, yaitu ketika Anda membuat satu konsep tertentu untuk memfoto produk itu sendiri.

  1. Edit Foto Seperlunya dan Tambahkan Watermark

Cara mudah untuk mempercantik hasil foto adalah dengan menggunakan aplikasi pendukung untuk mengedit. Memang tidak ada salahnya jika Anda menambahkan efek-efek tertentu pada foto produk, asal jangan berlebihan. Anda cukup mengedit foto seperlunya, misal dengan menaikkan contrast dan brightness. Penggunaan efek yang terlalu berlebihan hanya akan membuat foto produk Anda terlihat “palsu” dan membuat produk asli yang diterima pembeli nantinya berbeda jauh dengan produk yang terlihat pada foto Anda. Selain itu, Anda perlu menambahkan watermark agar foto produk Anda tidak disalahgunakan oleh orang lain. Hindari penambahan watermark pada bagian pojok foto karena watermark tersebut akan mudah dihapus. Sebaiknya letakkan watermark di tengah produk, tapi jangan lupa untuk mengatur tranparansi foto agar tidak menutupi bagian produk.

Itulah 7 tips foto produk yang bisa Anda coba untuk memeroleh hasil foto yang maksimal. Semoga setelah Anda menerapkan semua tips ini, produk Anda menjadi lebih laris. Selamat berjualan di toko online!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat