5 Tips Membuat Video Viral

Untuk membuat video dengan kualitas yang baik dan mengena di hati penonton, tentu ada tips dan trik yang perlu diperhatikan. Biasanya, para penonton akan lebih tertarik dengan video yang sifatnya menghibur, atau yang lebih relevan dan memiliki value. Oleh karena itu, kamu harus mencoba beberapa tips berikut ini agar videomu lebih bisa diterima oleh penonton.

Jangan Ragu Mengikuti Tren

Kamu bisa coba membuat konten dengan topik yang lebih populer, karena besar kemungkinan video kamu akan ditonton dan dibagikan oleh banyak orang. Hal ini dapat terjadi karena banyak orang yang mencarinya di Google, YouTube, Instagram, dan sebagainya. Sebagai contoh, kamu bisa melihat kesuksesan Kiki Challenge atau video Prank yang sedang marak dibuatTantangan menari diiringi lagu Drake ini memang menjadi salah satu tren yang banyak dilakukan pengguna media sosial. Nah, semakin kamu membuat video tantangan ini dengan lebih kreatif, maka akan semakin banyak pula orang yang menyukainya.

Permainkan Emosi Penonton

Berikutnya, video seperti apa sih yang sering kamu tonton di media social? Pasti kamu akan menjawab, video yang lucu, seram, atau bahkan nyeleneh. Apapun videonya, ada satu ciri khas dari konten yang banyak di-share dan mendadak viral, yaitu video yang dapat menyentuh emosi penontonnya. Selain video yang berisifat sentimentil, konten yang cenderung memiliki nilai positif atau optimistis adalah yang paling sering dibagikan oleh netizen. Ambil contoh video viral iklan Ramayana besutan sutradara Dimas Djayaningrat, atau yang lebih dikenal dengan nama Dimas Djay. Video tersebut viral berkat keterampilan Dimas Djay dalam mengolah visual yang terkesan konyol, dan juga backsound yang dipilihnya cukup mudah diingat oleh pendengar.

Tampilkan Kesan yang Menyentuh Sejak Detik Pertama

Pada dasarnya, tak ada aturan khusus dalam membuat konten video. Namun, kebanyakan orang yang menonton video hanya akan bertahan selama 5-10 detik saja. Oleh karena itu, selalu perhatikan 10 detik pertama saat akan membuat sebuah video. Agar visitor dapat bertahan, kamu bisa meletakkan informasi yang menarik, lucu, atau mengejutkan dalam videomu. Pastikan pula konten jangan dibuat terlalu bertele-tele. Selain itu, ketika ingin membuat konten video viral, jangan menyimpan yang terbaik di bagian akhir video.

Buatlah Sesuatu yang Unik dan Berbeda

Untuk menjadi viral, kamu harus melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Mulai dari mengembangkan merek hingga menciptakan cerita yang unik, mengingat menjadi populer di YouTube, berarti kamu harus siap menempuh jalan panjang untuk mendapat perhatian dari subscriber baru.

Pakailah Keyword yang Tepat

Agar mendapatkan hasil yang optimal, jangan lupa menggunakan keyword (kata kunci) video yang tepat. Hal ini penting karena bisa memberikan keuntungan yang tak disangka-sangka. Makanya, pastikan kamu mengisi dan memilih keyword yang terbaik dan banyak dicari di kolom pencarian, sehingga membuat video kamu bisa terdeteksi dengan keyword tersebut. Sebagai contoh, kamu ingin membuat video “Tutorial Memakai Make-Up”. Supaya lebih menarik tambahkan merek serta keyword yang pas, seperti “Make Up Cantik Alami Memakai Bedak Wardah” pada bagian judul dan tuliskan deskripsi menggunakan keyword di kolom deskripsi. Dengan begini, ketika ada visitor memasukkan nama tersebut di kolom pencarian, maka video kamu bisa muncul dan berkesempatan dilihat banyak orang.

Kesimpulannya, menjadi konten kreator terkenal tidak bisa dibuat dalam sehari. Kamu harus bekerja keras membuat konten yang luar biasa. Untuk membantumu menciptakan konten kreatif itulah, Canting Kreatif hadir memberikan kemudahan buatmu.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat