5 Ide Membuat Foto Produkmu Lebih Hidup

Fotografi untuk sebuah produk sangat menyenangkan untuk dicoba, walaupun Anda bukanlah seorang fotografer produk. Foto produk mengajarkan kita beberapa hal tentang komposisi, cahaya dan bagaimana berbagai permukaan bereaksi terhadap cahaya yang mungkin tidak kita temukan sebelumnya. Ketika Anda telah melewati dasar-dasar dari teknik foto produk, lalu bagaimana selanjutnya?

Dalam artikel kali ini, Canting Kreatif akan memberikan lima ide foto produk kreatif yang mungkin tidak Anda pikirkan. Beberapa ide di bawah ini akan menantang kemampuan teknis Anda dalam fotografi.

Levitasi: biarkan objek produk yang bicara

Sebelum Anda melakukan sesi foto produk, ada baiknya untuk berfikir bagaimana foto tersebut akan diedit. Memang, Anda tak perlu mahir dalam olah grafis, tapi setidaknya Anda paham bagaimana hasil foto Anda akan diedit. Karena Anda akan memfoto sebuah produk, jangan menggunakan terlalu banyak properti yang itu justru akan membuat foto Anda terlihat ramai. Hal ini dilakukan agar orang yang melihat foto Anda langsung mengarah pada produknya. Salah satu teknik foto yang digunakan adalah levitasi. Seperti gambar di bawah ini.

Flatlays

Teknik ini sudah mulai umum akhir-akhir ini, terutama karena lebih banyak orang ingin memamerkan peralatan mereka atau mainan baru ke media sosial. Jadi, meskipun tekniknya sendiri bukan hal baru, ada banyak cara berbeda untuk mengatur atau mengoordinasikan warna produk-produk tersebut di depan lensa untuk membuatnya menonjol. Ingat, pastikan yang Anda tonjolkan adalah produknya, bukan properti atau yang lain.

Capture produk beserta model

Interaksi manusia merupakan hal yang baik dalam foto produk. Tetapi itu bisa saja sulit karena Anda juga harus menyesuaikan model. Anggaplah Anda sudah menguasai foto model, maka langkah selanjutnya adalah bagaimana Anda harus menyesuaikan model dengan produk yang Anda foto. Jangan terlalu over mengexpose model, karena itu akan membuat orang yang melihat foto Anda salah fokus. Stay relevat with your product!

Gunakan cermin

Keuntungan menggunakan cermin adalah dapat membuat foto produk Anda terasa lebih luas dan hidup karena sifatnya dua sisi. Namun, kerugian besar dari penggunaan cermin adalah bahwa cermin bisa memperlihatkan semua yang ada di studio Anda. Maka, aturlah posisi sebaik mungkin, jangan terlalu banyak menggunakan lighting karena akan mengganggu foto Anda.

Cahaya alami

Cahaya alami biasanya bukan sumber cahaya pertama yang dipikirkan orang saat memotret foto produk. Biasanya menggunakan lampu flash, ring light atau lampu dari bohlam yang sudah terpasang difuser. Namun cahaya alami dapat menambahkan sentuhan unik pada foto yang Anda ambil. Sebab, sebaik-baiknya cahaya dalam fotografi, adalah cahaya matahari. Anda tinggal mengatur ISO atau shutter spedd di kamera.

Itulah lima ide untuk memfoto sebuah produk. Ada masukkan lain? Monggo komentar di bawah 🙂

As always, keep creative!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat