4 Tips Memilih Lokasi Foto Prewedding

Banyak pasangan yang mengeluhkan betapa ribetnya mempersiapkan foto prewedding. Berbagai hal perlu dilakukan mulai dari memilih busana, menentukan konsep, mencari fotografer, hingga lokasi pemotretan. Untuk hal terakhir, kesulitannya bisa sama seperti mencari lokasi pernikahan. Keterbatasan budget atau ketersediaan tempat sering kali menjadi penghalang calon pengantin untuk mendapatkan lokasi foto impian. Apalagi di Indonesia, begitu banyak spot cantik yang bisa dijadikan sebagai lokasi foto prewedding. Nah, untuk menentukan lokasi, banyak juga pasangan yang memilih berdasarkan tempat kesukaan, tempat kenangan pasangan, atau bisa juga terinspirasi oleh foto prewedding pasangan lain. Menanggapi hal itu, ada baiknya jika kamu menentukan lokasi foto yang sesuai dengan konsep prewedding yang akan kamu gunakan.

Ya, apapun pilihanmu, dalam memilih lokasi foto prewedding tentu tidak boleh sembarangan. Berikut ini kami telah merangkum tips buat kamu untuk menentukan lokasi prewedding:

  1. Tentukan Konsep Foto

Untuk menentukan lokasi pemotretan, tentunya kamu harus mempunyai konsep terlebih dahulu. Model tema seperti apakah yang cocok untuk menyesuaikan lokasi mana yang pas dengan konsep yang kamu pilih. Sebab, tidak semua lokasi prewedding sesuai dengan berbagai macam konsep. Misalnya di pantai, konsep yang cocok untuk lokasi adalah tema casual. Atau lokasi lainnya misalnya candi, konsep yang cocok untuk lokasi ini adalah konsep tradisional. Jadi jangan sampai konsep dan lokasi preweddingmu tidak sesuai karena akan memengaruhi hasil foto yang terkesan dipaksakan. Pun, jika kamu ingin melakukan pemotretan di dalam studio, biasanya tim fotografer akan bertanya dan mempersiapkan dekorasi yang menunjang foto.

  1. Penentuan Lokasi yang Unik

Setelah konsep foto disepakati antara calon pengantin dan fotografer, pencarian lokasi pun akan dimulai. Bagian inilah yang kadang menjadi keasyikan tersendiri bagi banyak pasangan. Bahkan, sering kali malah membuat bingung, sebab tidak semua lokasi prewedding itu bisa diakses secara gratis karena ada juga yang menentukan charge tertentu bahkan harus mengurus perizinan. Misalnya jika kamu ingin melakukan foto prewedding di Candi, kamu harus mengurus perizinannya terlebih dahulu di Dinas Purbakala. Nah, jika kamu adalah tipe orang yang gak mau ribet, kamu hanya perlu menentukan lokasi yang unik. Pastikan juga fotografermu tahu bagaimana cara mengambil sudut foto yang menarik.

  1. Menyusun Rundown

Setelah mengetahui lokasi yang diinginkan, kamu harus mencari tahu lebih lanjut mengenai lokasi tersebut. Cari tahu seperti apakah lokasi yang akan kamu pakai. Apakah memang layak untuk dijadikan tempat foto prewedding, berapa biayanya (jika harus sewa), perlukah perizinan dari pihak tertentu, dan hal-hal kecil lainnya yang terkesan sepele namun perlu diketahui sebelum pemotretan dilakukan. Jangan lupa untuk memastikan bahwa perlengkapan yang akan digunakan sudah lengkap dan dibawa. Tidak lucu kan kalau kamu sudah siap di lokasi tetapi sesi foto prewedding harus terhenti karena ada barang yang tertinggal. Nah, ada baiknya untuk menyiapkan semua perlengkapan jauh-jauh hari sebelum sesi foto dilaksanakan. Dengan menyiapkan hal itu, kamu bisa memastikan apakah barang-barang yang dibutuhkan sudah lengkap atau belum. Kalaupun belum, kamu bisa segera melengkapinya sehingga semuanya sudah ada saat sesi foto prewedding berlangsung.

  1. Buat Juga Rencana Cadangan

Ada kalanya, semua rencana yang sudah kamu susun sebelum sesi foto prewedding tidak berjalan mulus. Contohnya, kamu tahu bahwa lokasi foto prewedding tersebut sangat bagus ketika cerah dan berawan. Namun kamu tidak bisa memastikan bahwa saat sesi foto prewedding di lokasi tersebut tiba-tiba hujan. Karena itu, kamu harus membuat rencana cadangan. Diskusikan hal itu dengan tim fotografer, karena biasanya fotografer memiliki rencana cadangan jika sesi foto tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Nah, jika kamu masih bingung menentukan semua itu, jangan ragu untuk meminta bantuan Tim Canting Kreatif. Kami selalu siap membantumu kapan saja.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat